Tetap Sehat Dengan Menjaga pH Tubuh

MENGHIDARI PENYAKIT DENGAN MENJAGA KESEIMBANGAN pH TUBUH

Baru-baru ini ditemukan bahwa betapa pentingnya keseimbangan pH dalam tubuh. Pada kenyataannya, tubuh manusia harus lebih basa dari pada asam. Gaya hidup masyarakat modern yang banyak mengkonsumsi makanan siap saji dan banyak mengandung asam adalah penyebab kondisi tubuh kita menjadi asam. Pola makan yang sehat adalah makanan yg komposisinya terdiri dari 20% ber-Acid (Daging, ikan, Telur dll) dan 80% ber-Alkali ( Sayur & buah-2an ). 

Namun faktanya sering berlawanan, dalam kehidupan sehari-hari justru sebaliknya yang kita makan adalah 80% ber-Acid ( Nasi & lauk ) sedangkan yang ber-Alkali (Sayur dan buah) hanya 20% saja.Pola makan yang tidak sehat ini, bila berlangsung bertahun-tahun akan membuat pH darah cenderung ke arah asam dan bila pH darah sudah menjadi asam maka darah menjadi kental, efek darah yang mengental inilah yang menyebabkan menumpuknya berbagai Toxin (Racun) mengendap serta membuat pompa darah (jantung) kerjanya menjadi lebih berat sehingga berpotensi munculnya berbagai penyakit diantaranya : Stroke, Kolesterol, DarahTinggi, Diabetes, Gagal ginjal, Tumor, Kanker dll. Selain dari pola makan yang salah, air yang anda minum juga mempengaruhi keasaman tubuh anda. Karena disadari / tidak,-air yang kita minum itu sebenarnya terbagi menjadi 2 jenis :air hidup dan air mati

Air Mati adalah air yang tidak memiliki kadar alkalin dan tidak hexagonal, seperti : Minuman RINGAN: Air Suling yang dicampur dengan kafein, gula, acid fosforik, acid benzoik, Air Masak, Air terjemur sinar Matahari dll.
Air Hidup adalah air yang memberikan kehidupan karena memiliki kandungan oksigen, seperti : air sumur, air Gunung, air salju dan air dari mata air (yang tidak dimasak atau mengalami proses pemanasan). Air Hidup memiliki kandungan seperti ; air mineral, air ionized, air alkaline, air hexagonal, air oksigen (O2), air magnetic/FIR dan air tenaga (energy/Pi water)

Air hidup beresonansi dengan getaran energi tubuh Anda. Bila Anda minum air hidup, itu menguatkan, menjiwai dan mengabadikan gaya hidup Anda sendiri. Minum air mati di sisi lain, memiliki efek merugikan karena tubuh harus mengeluarkan energi yang sangat berharga "menyalakannya" dan memberikan energi sebelum dapat digunakan untuk fungsi tubuh. 

Air hidup menawarkan banyak oksigen yang tersedia bagi sel-sel Anda.

Apa akibatnya jika tubuh terlalu asam?
Jika ph di bawah 7 maka itu artinya tubuh terlalu asam.Ini sangat berbahaya karena tubuh tidak bisa menolerir ketidakseimbangan asam dalam waktu lama.Jika pH terlalu rendah itu artinya terjadi penumpukan karbondioksida dalam darah. Karbondioksida yang tinggi akan membuat pernafasan jadi sulit. Asam yang tinggi juga memungkinkan kolesterol buruk atau LDL (Low Density Lipoprotein) menumpuk cepat dalam arteri yang merusak dinding pembuluh darah dan menciptakan penumpukan plak.

Orang yang memiliki tubuh terlalu asam lebih gampang terkena bakteri atau virus. Asal tahu saja, sel kanker lebih mudah berkembang jika tubuh dalam kondisi asam yang berlebihan.


FAKTA DAN KEBENARANNYA

- kalau anda sakit, maka dokter menyarankan anda minum dan konsumsi banyak sayur dan buah..kenapa? karena orang sakit akibat pH air dalam tubuh terlalu asam, maka harus dinetralkan dengan pH alkali atau pH basah (buah, sayur2an)

cairan tubuh mencapai 90 persen lebih ini berguna untuk menyeimbangkan kebutuhan akan air di dalam tubuh. Sifat cairan tubuh manisia ada yang bersifat asam dan juga ada yang bersifat basa.Cara Mengukur Asam Basa Cairan Tubuh adalah menggunakan kertas lakmus yang sekarang sudah terjual bebas. Dibawah ini akan diterangkan tentang asam basa cairan tubuh manusia dan cara mengukur asam basa. pH berasal dari kata potenz of Hydrogen (Potensial Hidrogen) atau derajat keasaman. pH juga digunakan untuk mengukur keseimbangan asam basa dalam tubuh. Makin tinggi nilai pH maka zat itu makin bersifat basa dan kaya oksigen.Makin rendah nilai pH maka zat itu makin bersifat asam dan sedikit oksigen.

Rentang nilai pH adalah dari 0 sampai dengan 14. 7,0 adalah netral. Bila di atas 7 disebut basa, dan bila di bawah 7 dianggap asam.Semua manusia yang sehat lahir dengan cairan dan jaringan tubuh bersifat sedikit basa (pH tinggi).Sejalan dengan waktu, dalam kehidupan modern, jaringan dan cairan tubuh sering menjadi asam (pH rendah) dari makanan, minuman, obat-obatan, polusi dan stress, yang diserap setiap hari.
Bila tubuh anda dalam kondisi asam (asidosis), maka mineral yang ada di dalam jaringan dan organ akan diambil untuk menormalkan kondisi asam tersebut yang dapat menyebabkan peradangan, nyeri sendi, rapuh tulang hingga masalah kanker. Kondisi asidosis juga bisa berakibat pada menurunnya kemampuan Hb (Haemoglobin) menangkap oksigen sehingga virus, bakteri, patogen penyakit lainnya mudah berkembang. Pada tingkat pH 6,9 tubuh mulai rentan terhadap infeksi virus yang umum seperti deman, batuk dan flu.
Sel-sel kanker tumbuh dengan subur di dalam tubuh pada pH 5,5. Makin rendah tingkat pH, makin asam orang tersebut, maka makin tinggi racun-racun yang menumpuk di dalam tubuh, yang dapat menyebabkan peningkatan resiko untuk terserang infeksi dan penyakit. Dengan kata lain, kondisi tubuh kita semakin asam, kita lebih mudah terserang penyakit-penyakit kronis dan kanker, sebaliknya ketika kondisi tubuh semakin basa, kita mampu untuk menjauhi penyakit-penyakit dan kanker.


Kebanyakan dari kita tidak memiliki keseimbangan asam-basa yang baik.Hal ini mengakibatkan timbulnya penyakit, penurunan energi, dan berbagai kondisi penyakit lainnya. Bahkan sebagian besar dari kita tidak menyadari bahwa tubuh kita cenderung memiliki kondisi asam yang disebabkan baik oleh karena produk sampingan dari hasil metabolisme tubuh, pola makan yang di dominasi oleh: protein, lemak, gula dan makanan olahan (refined food), dan juga ditambah dengan kondisi hidup yang tinggi stress, konsumsi alcohol serta asap rokok ataupun polusi. Lebih jauh lagi, kondisi ini semakin di perparah dengan rendahnya asupan mineral yang berguna sebagai agen yang menetralisirkan kondisi asam di dalam tubuh.

Merupakan suatu yang hal sangat penting bagi kita untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan mineral yang memadai yang dapat menetralisir kondisi asam didalam tubuh seperti sayur-sayuran dan buah-buahan serta beberapa makanan lainnya yang menyumbangkan sifat basa bagi tubuh kita.Namun seberapa banyak dari kita yang memiliki kesempatan didalam mendapatkan asupan mineral yang memadai melalui buah dan sayuran yang kita konsumsi setiap harinya ditengah-tengah tekanan kehidupan yang tinggi. Belum lagi ditambah dengan kandungan mineral tanah yang semakin menurun sebagai akibat dari penggunaan pestisida dan pola pertanian modern yang tidak memberikan kesempatan kepada tanah yg digunakan untuk kembali memiliki kandungan mineral yang memadai

Ketika berada didalam kondisi asam, sel-sel tubuh kita tidak dapat bekerja optimal sehingga sampah tubuh akan terakumulasi, toksin tidak dikeluarkan dengan benar dan nutrisi yang diserap tubuh tidak dapat digunakan dengan optimal sehingga akhirnya kita mulai merasakan tidak sesehat atau sesegar sebelumnya.

Untuk mendapatkan kondisi kesehatan yang optimal, dibutuhkan pH tubuh sedikit diatas 7.0. Dan ketika kita mampu menjaga angka pH tubuh pada angka optimal, maka metabolisme, enzim-enzim, sistim imun dan perbaikan akan dapat bekerja dengan efektif. Dengan mempertahankan pH pada angka tsb diatas, berarti tubuh kita memiliki mineral-mineral yang memadai untuk menyeimbangkan kondisi asam di dalam tubuh.

Untuk mempertahankan keseimbangan pH di dalam darah, tubuh melakukan sebuah cara yaitu dengan menarik potassium dari cairan ekstraselular kita dan ketika simpanan potassium telah digunakan seluruhnya, tubuh kita akan mulai menarik kalsium, magnesium dan mineral lainnya yang dapat mempertahanakan kondisi basa didalam darah. Hal ini merupakan penyebab utama daripada terjadinya kondisi Osteoporosis dan kondisi rematik.

Seperti anda telah ketahui bahwa makanan yang kita konsumsi dapat secara dramatis merubah pH tubuh kita.Sebagai contoh 1 kaleng minuman softdrink yang mengandung phosphoric acid secara signifikan dapat merubah pH tubuh kita.Ginjal kita tidak mampu membuang urin yang memiliki tingkat keasaman lebih rendah dari 5.0 tanpa merusak sel-sel ginjal atau saluran kencing.Sebagai informasi, pH dari minuman mengandung cola berkisar diantara pH 2.5 – 3.2.sebesar 100 kali lebih asam dibandingkan dengan cairan yang memiliki pH 5.0. Untuk mengencerkan sampai pada level yang bisa ditolerir, anda membutuhkan 33 liter urin. Untuk mengatasi masalah ini, tubuh memiliki sebuah mekanisme lain yaitu dengan cara mengambil mineral dari bagian tubuh lain untuk menaikan pH tsb. Jika tubuh anda memiliki cadangan sodium dan potassium yg cukup maka tubuh anda akan menggunakannya, namun apabila tidak, maka tubuh akan mulai menarik kalsium, magnesium dan mineral lainnya dari dalam tulang. Jumlah mineral yang diambil akan sebanding dengan kebutuhan tubuh anda. Disisi lain jika anda mengkonsumsi air dan juice, pH tubuh anda akan tetap stabil.

Pola makan yang ada di masyarakat kita saat ini cenderung tinggi protein sehingga kebutuhan akan asupan mineral untuk saat ini seharusnya meningkat apalagi ditambah dengan rendahnya asupan sayur dan buah-buahan,.Semakin tinggi tekanan didalam kehidupan anda semakin tinggi asupan mineral yang dibutuhkan. Semakin banyak softdrink, alcohol dan asap rokok yang kita dapatkan semakin tinggi pula mineral yang dibutuhkan. JIka kita tidak melakukan sesuatu baik untuk mengeluarkan faktor-faktor yang menimbulkan kondisi asam tubuh seperti logam berat yg didapat dari asap rokok, polusi dll maka anda menyadari bahwa kebutuhan mineral anda akan menjadi berlipat-lipat ganda.

Program herbal dapat bekerja lebih efektif ketika pH adalah dalam keseimbangan.Dapatkan lebih dari program suplementasi Anda dengan menyeimbangkan pH Anda.Tubuh Anda mampu menyerap mineral dan Nutrisi dengan baik hanya bila pH-nya seimbang.Oleh karena itu mungkin bagi Anda untuk mengambil sehat nutrisi dan belum mampu untuk menyerap atau menggunakan mereka.Jika Anda tidak mendapatkan hasil yang Anda harapkan dari program gizi atau herbal, mencari ketidakseimbangan asam basa.Bahkan program yang tepat herbal mungkin tidak bekerja jika pH tubuh Anda tidak seimbang.

Perhatikan bahwa makanan 'sAsam atau basa-membentuk kecenderungan dalam tubuh tidak ada hubungannya dengan pH aktual dari makanan itu sendiri. Sebagai contoh, lemon sangat asam, namun akhir-produk yang mereka hasilkan setelah pencernaan dan asimilasi sangat alkali sehingga lemon bersifat alkali-terbentuk di tubuh.
Demikian juga, daging akan menguji alkali sebelum pencernaan tetapi meninggalkan residu yang sangat asam dalam tubuh sehingga, seperti produk hewani hampir semua, daging sangat pembentuk asam.
Bila tubuh anda dalam kondisi asam (disebut acidosis), maka mineral yang ada di dalam jaringan dan organ akan diambil untuk menormalkan kondisi asam tersebut yang dapat menyebabkan peradangan, nyeri sendi, rapuh tulang hingga masalah kanker.
Kondisi acidosis juga bisa berakibat pada menurunnya kemampuan Hb (Haemoglobin) menangkap oksigen sehingga virus, bakteri, patogen penyakit lainnya mudah berkembang. Pada tingkat pH 6,9 tubuh mulai rentan terhadap infeksi virus yang umum seperti deman, batuk dan flu.
Sel-sel kanker tumbuh dengan subur di dalam tubuh pada pH 5,5. Makin rendah tingkat pH, makin asam orang tersebut, maka makin tinggi racun-racun yang menumpuk di dalam tubuh, yang dapat menyebabkan peningkatan resiko untuk terserang infeksi dan penyakit.
Dengan kata lain, kondisi tubuh kita semakin asam, kita lebih mudah terserang penyakit-penyakit kronis dan kanker, sebaliknya ketika kondisi tubuh semakin basa, kita mampu untuk menjauhi penyakit-penyakit degenratif seperti kanker, darah tinggi, diabetes, dll.
Untuk mengetahui kondisi asam-basa tubuh ini, anda dapat melakukan pengetesan sederhana yang dapat anda lakukan sendiri dirumah, namun walaupun demikian hal ini tidaklah kalah pentingnya dibandingkan dengan pengetesan lainnya yang biasa anda lakukan.

Cara mengukur pH tubuh: 
Anda membutuhkan kertas lakmus (pH), kemudian anda hanya perlu memasukan kertas pH tsb kedalam air seni anda yang pertama kali dikeluarkan di pagi hari dan kemudian bandingkan warna yang didapati dengan standar yang ada di dalam kemasan kertas pH. Angka yang optimal itu berada pada kisaran 6.5 – 7.5.Setiap angka dibawah angka 7.0 berarti urin anda berada pada daerah asam.Semakin rendah angkanya maka semakin tinggi tingkat keasaman tubuh anda. Angka ini merupakan angka logaritmik sehingga angka 6.0 berarti 10 kali lebih asam dibandingkan dengan angka 7.0, sedangkan angka 5.0 berarti memiliki tingkat keasaman 100 kali lebih tinggi dibandingkan dengan angka 7.0

Tidak ada komentar:

Posting Komentar